Selamat Datang..!!!

Blog ini ditampilkan untuk para hobiis ikan cupang (betta.sp) dimanapun anda berada khususnya wilayah batam dan sekitarnya. Disini akan kita kupas tuntas segala sesuatu mengenai ikan cupang (betta.sp) ini mulai dari asal-asul, pemijahan dan cara perawatan yang baik dan benar.Betta.SP, adalah salah satu spesies yang sangat unik dan perlu dilestarikan serta dikembangkan. Mari kita bergabung untuk saling memberikan informasi seputar ikan cupang ini.


Selamat Bergabung
Batam Betta Club

Jumat, 01 Agustus 2008

Perwatan Burayak (bagian-2)

- pemindahan dan penyortiran awal.

Setelah semua wadah yang diperlukan tersedia, anakan yang berasal dari bak pendederan dapat segera dipindahkan ke dalam akuarium besar. Caranya dengan menggunakan serok halusatau dengan menggunakan ember kecil sekaligusdengan air yang berasala dari bek pendederan. Yna gterpenting dalam pemindahan adalah harus dulakukan dengan hati-hati sehingga kerapian dan keutuhan ikan dapat terjaga. setelah semuanya ada di akuarium , lakukanlah pengamatan untuk memilih anakan jantan, perhatikan pada bagian analnya, pada jantan tidak terdapt bintik putih sedangkan pada betina terdapat bintik putih.setelah itu satu per satu anakan jantan dipindahkan kedalam akuarium aoliter, sedangkan anakan betina dibiarkan tetap didalam akuarium hingga usianya mencapai 3 bulan.

- Perawatan RutinTahap Terakhir dalam masa pembesaran adalah perawatan rutin , yaitu :1. pemberian pakan.seperti yang telah dijelaskan sebelumnya pemberian makanan tidak boleh berlebihan dan harus diberikan secara teratur yaitu 2 kali sehari. Saat ini saya akan menjelaskan beberapa kelebihan dari jenis-jenis makanan alami:

-->Kutu air

-Kelebihan jenis makanan alami ini: karena pakan ini memiliki presentase bibit penyakit yang kecil dan mudah dibersihkan, sedangkan,

-kekurangan dari kutu air ini: dapat sedikit menghambat petumbuhan ikan cupang anda, dan bila diberikan terlalu banyak dapat membuat anakan kehilangan nafsu makan.

--> Cuk atau jentik nyamuk

-kelebihannya: mampu merangsang kematangan sel telur anakan betina, pertumbuhan lebih stabil,warna tubuh lebih cemerlang.

-kekurangannya:sulit dibersihkan sehingga bibit penyakit yang dibawanya cukup besar dan dapat meningkatkan populasi nyamuk di sekitar anda.

Penting: Jangan pernah membiarkan cuk tersisa, karena akan menjadi nyamuk dalam waktu 1-2 hari, buanglah bila anda merasa sudah tidak memerlukannya ke tempat pembuangan yang jauh dari tempat anda.

--> Cacing sutra

-Kelebihannya:mempu mempercepat pertumbuhan anakan, baik tubuh, panjang, maupun siripnya.

-Kekurangannya:presentase bibit penyakit yang dibawanya tinggi dan sulit dibersihkan, selain itu dapat menyebabkan air cepat kotor dan menimbulkan bau yang "menusuk tajam ke hindung" alias bau banget.

- Pergantian dan penyucian akuariumpergantian air harus dilakukan minimal 2 hari sekali, caranya :

jangan membuang langsung semua air yang ada di akuarium tersebut melainkan menggunakan cara penyifonan (menggunakan selang kecil) untuk membuang kotoran baik berupa sisa makanan atau kotoran ikan itu sendiri. hal ini akan membuat ikan merasa nyaman dan mencegah kemungkinan rusaknya sirip dila dilakukan pergantian air secara langsung (total).

Setelah penyifonan selesai masukan air yang baru dengan kualitas dan banyaknya sama dengan air yang dibuang tadi.Untuk menjaga kebersihan akuarium , akuarium harus dicuci minimal 2 minggu sekali, dengan cara memindahkan ikan ke wadah lain yang telah dipersiapkan dahulu, gosoklah akuarium dengan air yang mengalir. Pastikan lumut-lumut yang menempel pada dinding akuarium hilang. jangan menggunakan sabun karena dapat menyebabkan PH air naik. keringkanlah dengan menjemur dibawah terik matahari hingga kering...ring...ring.., baru setelah itu masukan ikan kembali.

INGAT kualitas dan kuantitas air yang digunakan harus sama dengan yang diberikan sebelumnya.

Tidak ada komentar: